Jumat, 08 Oktober 2010

BERAS dan NASI

Padi adalah salah satu bahan makanan yang mengandung gizi dan penguat yang cukup bagi tubuh manusia, sebab didalamnya terkandung bahan yang mudah diubah menjadi energi. Oleh karena itu padi disebut juga makanan energi.


Nasi kita ketahui bersama merupakan makanan pokok sebagian besar penduduk indonesia. Di indonesia beras merupakan penghasil kalori dan protein yang cukup besar bagi penduduk. Dan perlu kita ketahui bahwa nasi yang kita makan sebenarnya telah melalui proses yang cukup panjang. Berawal dari benih-benih padi yang di tanam oleh petani di sawah, yang di beri pupuk dan di beri air hingga benih-benih padi itu tumbuh menjadi padi yang siap di panen. Setelah padi siap di panen para petani bergotong royong menuai padi dan mengumpulkannya menjadi beras dan menjualnya ke warung beras. Dari warung beras itu lah kita mendapatkan beras dan mengolahnya menjadi nasi yang kita makan sehari-hari.

 

Untuk mengolah beras menjadi nasi biasanya kita memerlukan air untuk membersihkan beras dari kotoran-kotoran yang menempel pada beras. Selain itu mencuci beras juga bisa membuat beras tidak gampang basi. Tetapi jangan terlalu banyak mencuci beras dengan air karena bisa mengurangi kandungan vitamin pada beras tersebut. Paling maksimal cukup 3 kali dibilas dengan air. Setelah proses mencuci beras selesai,kita memerlukan panas untuk membuat beras tersebut menjadi matang dan siap di konsumsi. Untuk mendapatkan panas kita bisa menggunakan kompor atau rice cooker.

Langkah-langkah membuat nasi menggunakan rice cooker. Pertama-tama masukkan beras ke wadah yang ada di rice cooker. Kemudian cuci beras yang ada di wadah tersebut dengan air bersih,kemudian aduk-aduk. Setelah itu buang air cucian beras tersebut dan masukkan air bersih lagi. Lakukan pencucian beras tersebut maksimal 3 kali agar kandungan vitamin dalam beras tidak berkurang terlalu banyak. Setelah proses pencucian beras yang terakhir selesai,masukkan air bersih ke wadah beras sesuai takarannya. Kemudian nyalahkan rice cooker dan pasang pada mode cooking, setelah itu tinggal menunggu hingga berasnya matang dan menjadi nasi yang siap di konsumsi.

Cara pengolahan beras yang paling umum adalah dimasak menjadi nasi. Nasi yang di masak dari beras biasanya memerlukan waktu kurang lebih 20-30 menit. Itu pun belum meliputi proses perendaman, pencucian dan pengukusan. Bila di tambah proses sebelumnya yang meliputi proses perendaman, pencucian dan pengukusan biasanya memerlukan waktu sekitar 1 jam.


Ada cara yang lebih mudah lagi untuk mengolah nasi, yaitu dengan menggunakan "beras instan" (kini sudah tidak ada lagi di Indonesia), yaitu beras yang sudah dalam kemasan, hanya perlu di rebus, tidak perlu di cuci dulu, dan lain-lain.
Banyak juga variasi memasak beras yang dilakukan oleh orang desa. Misalnya memasak beras dalam selubung bambu, dalam batok kelapa, dibungkus daun pisang, yang kesemuanya dapat memberi aroma yang berbeda.
Beras merupkan bahan pagan yang berasal dari tanaman padi. Beberapa jenis padi yang terkenal antara lain adalah biji panjang (Long Grain), biji sedang (Medium Grain) dan biji pendek (Short Grain Rice).

Long grain rice lebih sering direbus atau digoreng sementara itu short grain rice lebih disukai untuk pudding beras. Milled rice (padi yang digiling). Padi biasanya mengalami proses penggilingan untuk menghilangkan beberapa bagian lapisan luar atau kulitnya (bran). Banyaknya proses penggilingan menentukan nilai gizi dan cara masak yang terbaik. Adapun jenis-jenis padi yang ada dipasaran :

  1. Brown rice (padi cokelat) merupakan padi yang dihilangkan sekamnya (hull) tetapi mempertahankan germ dan seluruh kulitnya (bran). Padi ini tanpa digosok (unpolished) dan mempunyai nilai gizi yang tinggi dibandingkan jenis padi lain yang diproses.
  2. Polished atau white rice (padi yang digosok/padi putih) merupakan padi yang lapisan coklat (brown coated) dan sekamnya (bran) telah dihilangkan. Polished rice biasanya dilapis dengan glukosa dan talek agar penampilannya lebih baik dan kualitasnya dapat dipertahankan.
  3. Unpolised rice (padi tanpa digosok) merupakan padi yang sekam dan germ-nya sedikit dihilangkan pada proses penggilingannya.
  4. Converted rice merupakan padi yang varietasnya paling populer digunakan pada servis penyajian makanan. Nilai nutisinya tinggi dan ketika dimasak bentuk dan teksturnya tetap.
  5. Precooked atau nasi instan: tidak begitu bagus, dan nilai gizinya relatif rendah.
  6. Padi yang ditanam oleh Amerika adalah padi yang bersih, kualitas tinggi, tidak pernah disentuh oleh tangan manusia dari ladang sampai pengepakannya. Tidak perlu dicuci sebelum memasaknya.

Pada abad ini produksi beras terus meningkat dengan cepat karena adanya varietas unggul dan teknologi pertanian yang maju. Beras merupakan sumber utama pangan bagi separuh penduduk dunia dan permintaannya pun terus meningkat.

Orang-orang Amerika Utara mengkonsumsi beras sekitar 10 pound (5 kg) per kapita per tahun sedangkan oran-orang Asia mengkonsumsi beras sekitar 200 pound per kepala per tahun. Untuk membuat berbagai macam hidangan dari beras diperlukan jenis beras yang berbeda.

Beras "biasa" yang berwarna putih agak transparan karena hanya memiliki sedikit aleuron dan kandungan amilosa umumnya sekitar 20 persen. Beras ini mendominasi pasar beras, atau beras yang lebih banyak dikonsumsi masyarakat.

Pada beras merah, aleuronnya mengandung gen yang memproduksi antosianin yang merupakan sumber warna merah atau ungu. Beras merah memiliki sumber protein yang baik, sumber mineral seperti selenium yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, dan sumber vitamin B yang bisa menyehatkan sel-sel saraf dan sistem pencernaan.

Beras merah juga memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dapat mencegah konstipasi. Beras hitam yang sangat langka, memiliki warna gelap lantaran aleuron dan endospermia-nya memproduksi antosianin dengan intensitas tinggi. Sementara ketan (atau beras ketan) memiliki warna putih, tidak transparan, seluruh atau hampir seluruh patinya merupakan amilopektin. Ketan hitam merupakan versi ketan dari beras hitam.




Beras yang baik adalah beras yang butirannya keras yang utuh serta kering. Agar beras baik mutunya, harus disimpan ditempat yang kering dan bersih. Jika beras lembab, harus dijemur terlebih dahulu supaya tidak berjamur dan berulat.Beras baru berbau segar, sifatnya tidak banyak menghisap air dan jika dimasak kurang mekar, tetapi harum baunya. Sedangkan beras lama berbau apek, ada kutunya dan sifatnya banyak menghisap air dan mekar jika diolah.




Macam-macam Hidangan Nasi
a. Bubur
Bubur adalah makanan dari beras yang menggunakan bahan cair yang berupa air, kaldu atau santan. Pengolahan bubur menggunakan bahan cair yang lebih banyak dari pada nasi. Umumnya bahan cair yang digunakan untuk memasak bubur adalah 1:4 atau 1:6.

Ada beberapa macam bubur yang berasal dari beras antara lain:
1) Bubur biasa
Bahan dasar beras dengan menggunakan bahan cair air, kaldu atau santan. Pengembangannya bisa disajikan sebagai hidangan sarapan pagi, yang disajikan dengan kuah, bubur bisa disajikan sebagai hidangan selamatan misalnya bubur merah putih dan
bubur asyura.
2) Bubur Menado
Hidangan khas dari Menado, bubur dimasak dengan ubi, jagung dan sayuran. Bubur ini disajikan dengan ikan goreng dan sambal tomat.
3) Bubur Ayam
Bubur ayam berasal dari makanan China. Menggunakan bahan cair kaldu, selain ayam goreng yang menjadi pelengkapnya, juga menggunakan ati dan rempela, telur, tongcai, dan ditaburi dengan bawang goreng.

b. Nasi Tim
Mengolah nasi tim dengan teknik au ban marie atau memasak dengan dua panci sekaligus. Nasi yang dihasilkan dengan teknik mengetim ini adalah nasi yang lunak. Awalnya nasi tim hanya diolah untuk makanan bayi, anak-anak dan orang sakit, namun dalam perkembangannya, nasi tim menjadi nasi yang istimewa, sehingga menjadi nasi tim dijadikan jajanan sepinggan seperti nasi tim ayam, nasi tim telur asin dan sebagainya.

Pengolahan nasi tim sebagai berikut:
  • Beras yang sudah dibersihkan, dimasukkan ke dalam panci tim.
  • Tambahkan bahan cair . Untuk 100 gr beras dibutuhkan 400 cc bahan cair.
  • Masukkan bumbu dan bahan lain, misalnya daging, hati, sayuran.
  • Masukkan panci yang sudah berisi bahan-bahan, kedalam panci lain yang lebih besar.
  • Bagian bawah panci, harus terendam air
  • Masaklah dengan teknik au bain marie.
  • Sajikan.

c. Nasi liwet
Meliwet adalah cara pengolahan yang dimatangkan secara langsung dalam air mendidih. Nasi liwet adalah nasi yang diolah dengan cara diliwet, bahan cair yang digunakan untuk membuat nasi liwet ini adalah air, kaldu atau santan. Salah satu hidangan khas kota Solo adalah nasi liwet solo, yaitu nasi yang diliwet menggunakan santan, sajikan dengan sambal goreng jipang, ayam dan telur yang diopor. Penyajian makanan dengan dipincuk daun, atau dipiring makan yang dialas dengan daun pisang.

d. Nasi Kukus
Mengukus nasi merupakan pekerjaan yang paling banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Mengukus adalah cara pengolahan dimana bahan makanannya diletakkan dalam alat tertentu (misalnya kukusan) dan selanjutnya dimatangkan dengan uap air. Uap air ditimbulkan dari air yang mendidih di bawahnya. Alat untuk mengukus nasi adalah dandang, kukusan atau risopan.

Tahapan mengukus nasi, antara lain adalah sebagai berikut:
  • Dandang diisi air setinggi ujung kukusan, kemudian ditutup dan didihkan.
  • Setelah air mendidih, beras dimasukkan dan ditutup
  • Setelah beras mengembang, angkat dari kukusan dan diaru dalam pengaron (alat seperti baskom, tetapi dibuat dari tanah liat) atau baskom, kemudian dituangi air mendidih.
  • Dandang didisi lagi dengan air dan didihkan kembali, kukusan dimasukkan dan ditutup kembali.
  • Beras aron dimasukkan dalam kukusan dan selanjutnya dikukus sampai masak. Setelah nasi masak, tempatkan dalam tempat nasi, lalu dibulak balik dengan sendok kayu sambil dikipas sehingga nasi menjadi pulen dan tidak lekas basi.

e. Nasi Goreng
Nasi goreng adalah nasi yang menjadi unggulan dan kebanggaan masyarakat Indonesia. Sesungguhnya nasi goreng ini adalah left over atau nasi sisa yang dingin yang dimanfaatkan kembali untuk sarapan pagi, yaitu dengan cara mengolah kembali bahan makanan dalam penggorengan yang berisi minyak goreng, mentega atau margarine yang cukup panas. Namun dalam perkembangannya nasi goreng ini menjadi nasi yang sangat spesial, karena sangat fleksibel untuk divariasikan dengan berbagai bahan yang lain, sesuai dengan ketersediaan bahan di berbagai daerah.

Sekarang kita mengenal nasi goreng babat, nasi goreng daging kambing, nasi goreng pete, nasi goreng ikan asin dan sebagainya, dengan berbagai teknik penyajian yang menarik. Nasi goreng ini tidak hanya digunakan untuk hidangan makan pagi, tetapi juga sebagai salah satu pilihan menu istimewa dalam hidangan buffet, pilihan hidangan makan siang atau makan malam yang disediakan oleh restoran.

f. Nasi yang Dibungkus Daun
Ada beberapa nasi yang dibungkus daun. Nasi yang dibungkus daun ini membutuhkan waktu yang relatif lebih lama dalam mengolahnya dibanding dengan nasi yang diliwet atau di kukus. Hal ini disebabkan karena nasi yang dibungkus menuntut isi yang padat, homogen, teksturnya lebut masak dengan sempurna. Daun yang digunakan untuk membungkus adalah daun pisang, daun kelapa muda, atau daun bambu.

Contoh jenis olahan nasi yang dibungkus daun antara lain arem-arem, lontong, ketupat dan bakcang.
1) Arem-arem
Arem-arem dibuat dari beras yang diaru dengan santan dan garam, dibungkus dengan daun pisang, diisi dengan lauk pauk, bisa sambal goreng, osengoseng atau lainnya. Setelah dibungkus arem-arem dikukus hingga masak. Arem-arem ini ada yang dibungkus dadar telur dahulu pada bagian dalamnya, sebelum daun pisang pada bagian dalamnya.
2) Lontong
Lontong dimasak dengan cara direbus, dimana nasi yang telah dibungkus daun dimasukkan ke dalam air dan dimasak selama 4-5 jam. Untuk mendapatkan lontong yang baik beras yang sudah dicuci diberi sedikit kapur sirih agar warna dan tekstur nya menjadi lebih baik.
Membuat kulit lontong yang sempurna bisa dilakukan dengan pertolongan sebuah pipa, sehingga mendapatkan bentuk lontong dengan garis tengah 2 ½ sampai 4 cm dan panjang 15 – 20 cm.
Teknik yang dianggap lebih praktis, adalah dengan dimasukkan pada loyang yang berbentuk selinder dan dapat dibuka, sebelum diisi loyang dialas daun, sehingga setelah direbus, loyang dibuka, bentuk lontong akan tetap seperti pipa. Lontong disajikan dengan berbagai lauk dan sayur, misalnya sate, sayur lodeh, sayur kare, opor, sambal goreng dan lain-lainnya.

3) Ketupat
Ketupat merupakan nasi yang dibungkus dengan daun kelapa muda yang dianyam khusus. Bentuknya bisa segitiga, segi empat, segi lima. Beras yang setelah dicuci diberi sedikit kapur sirih, diisikan ke dalam anyaman ketupat. Setelah itu rebus selama 4 – 5 jam untuk mendapatkan ketupat dengan tekstur yang diinginkan. Ketupat menjadi hidangan yang khas di hari Lebaran, pada berbagai daerah di Indonesia, disajikan dengan opor ayam, dan sambal goreng.

4) Bak cang
Bak cang adalah hidangan nasi yang diisi, dan dibungkus dengan daun bamboo. Sudah bisa diduga bahwa bahwa bakcang ini bukan makanan asli Indonesia, tetapi dibawa oleh masyarakat China. Bakcang sesuai dengan nama hidangannya, berisi daging babi, namun dalam perkembangannya bakcang disesuaikan dengan agama dan budaya yang dianut bangsa Indonesia, bakcang diisi daging sapi atau daging ayam.

g. Nasi Istimewa

Nasi istimewa merupakan nasi yang dihidangkan sangat special, karena nasi ini dibuat untuk keperluan tertentu, dengan standar tertentu, yang kadang tidak boleh dilanggar.



Beberapa contoh nasi istimewa antara lain adalah :
1) Nasi Gurih atau nasi Wuduk;
Nasi ini digunakan untuk selamatan. Nasi gurih dengan bahan cair santan, ditambah bumbu-bumbu dan dikukus. Nasi ini dihidangkan dengan berbagai macam lauk pauk.
Lauk pauk yang biasa disertakan adalah ayam yang digoreng, atau dibumbu opor, dibuat ingkung. Daging yang diberi bumbu terik atau lainnya, telur yang direbus, direndang atau diasin. Sambal goreng, bisa dari bahan tempe, daging atau labu siam. Jenis kerupuk atau lempeng, rempeyek kacang tanah, kacang kedelai, atau teri. Lalapan yang terdiri dari mentimun, kol, tauge, kemangi, pete atau jengkol yang diiris, dan sambal pecel yang kering.

2) Nasi Kuning
Nasi ini dibuat seperti nasi gurih, tetapi diberi warna kuning dari kunyit, dan sedikit air jeruk nipis agar mendapat warna kuning yang cerah. Untuk mendapat nasi kuning yang mudah dibentuk bisa ditambah dengan campuran beras ketan (I kg beras : 5 sdm beras ketan).
Nasi kuning biasa disajikan dengan ayam goreng, prekedel kentang, sambal goreng tempe kering, telur dadar, lalapan ketimun dan kemangi, dan emping goreng.

h. Tumpeng 
Banyak sekali jenis tumpeng yang ada dalam masyarakat Jawa. Para peneliti telah berhasil mengidentifikasi lebih dari 40 jenis tumpeng.
Pada kebudayaan Jawa, pergantian daur kehidupan atau awal dimulainya sesuatu pekerjaan, selalu dianggap sesuatu yang istimewa, dan tumpeng selalu dijadikan sarana atau simbul pada acara-acara tersebut. Hal ini tidak lain dilakukan guna memohon keselamatan dalam setiap pergantian daur kehidupan atau suksesnya suatu pekerjaan yang akan dikerjakannya. Tumpeng Bentuk tumpeng yang kerucut melambangkan keadaan dunia alam raya dan isinya.

Bermacam-macam jenis tumpeng yang biasa terdapat di masyarakat antara lain: tumpeng alus, tumpeng among-among, tumpeng asrep-asrepan, tumpeng blawok, tumpeng biru, tumpeng damar, tumpeng damar murub, tumpeng duplak, tumpeng golong, tumpeng gudangan, tumpeng gundul, tumpeng gurih, tumpeng inthuk-inthuk, tumpeng janganan, tumpeng jene, tumpeng kencana, tumpeng kendhit, tumpeng kuning, tumpeng langggeng, tumpeng mancawarna, tumpeng megono, tumpeng pitu, tumpeng pungkur, tumpeng rajeg dom, tumpeng rapa, tumpeng rasulan, tumpeng robyong, tumpeng ropoh, tumpeng suci, tumpeng tulak, tumpeng wajar / lawaran dan tumpeng urubing damar.

Sumber refrensi :
http://www.smallcrab.com/makanan-dan-gizi/602-mengenal-bermacam-macam-hidangan-dari-nasi-di-indonesia

http://b0cah.org/index.php?option=com_content&task=view&id=430&Itemid=40
 
Chronickleshttp://img2.blogblog.com/img/icon18_edit_allbkg.gif
http://img1.blogblog.com/img/icon18_wrench_allbkg.png




1. Nasi membantu mendongkrak mood.
Karbo menddukung prodduksi serotonin, senyawa kimia dalam otak yang menimbbulkan perasaan senang. Studi ddari Archives of Internal Medicine menunjukkan, orang yang menjjalani diet rendah karbo yang berat selamma setahun (hanya mengonsumsi sekitar 1/2 cangkir nasi atau selembar roti), cenderung mengalami deppresi, kegelisahan, dan mudah marah. Kkadarnya jauh melebihi orang yang mengonsumsi diet rendah lemak-tinggi Nasi, yang hanya makan produk olahan susu rendah lemak, gandum utuh, buah-buahan, dan kacang-kacangan.
2. Nasi membantu mencegah berat badan naik.
Bahkan, membantu menurunkan berat badan. Bagaimana mungkin? Yang pasti, peneliti dari Brigham Young University di Utah, AS, mendapati bahwa mereka yang meningkatkan asupan seratnya secara umum akan kehilangan berat badan. Hal ini terjadi pada perempuan paruh baya yang dimonitor pola makannya selama dua tahun. Sebaliknya, perempuan yang mengurangi asupan serat dari makanannya justru berat badannya naik.
3. Nasi baik untuk jantung.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiP-nLhc8sxtzpHrANz2NqQuk6_X_usCRrjzUJ-aIh3WkCYK_mxQyEIIXSKkiOWD9PON754UPTAMGp7iC2vXLAXmMlv6qJI7J2lCC6B7BWXGxIH-pGD4FNwulH4Q0aYdaAWppJzWu2Tbpc/s1600/jantung.jpg
Dengan meningkatkan asupan serat yang mudah larut (yang bisa ditemukan dalam makanan tinggi Karbohidrat seperti oatmeal dan kacang polong) sebanyak 5-10 gr sehari, Anda akan menurunnkan kadar kolesterol jahhat hingga 5 persen. Mereka yang mengonsumsi gandum utuh (seperti beras merah) juga cenderung memiliki kadar kolesterol jahat yang lebih rendah, dan kolesterol baik yang lebih tinggi.
4. Nasi membantu merampingkan lingkar pinggang.
http://media.tanyadokteranda.com/images//2010/08/metabolic-syndrome-af.jpg
Mengonsumsi gandum utuh membantu mengurangi lemak tubuh dan lemak perut, demikian menurut penelitian baru yang dimuat di Journal of Nutrition. Dalam studi tersebut dikatakan bahwa orang dewasa yang makan sekitar tiga porsi gandum utuh sehari, memiliki lemak tubuh 2,4 persen lebih sedikit, dan lemak perut 3,6 persen lebih sedikit, daripada mereka yang makan kurang dari seperempat porsi.
5. Nasi membantu menajamkan memori.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjD8lpMRDCFhsOEVnp9xNZhVFoUbdayS2XuwgzCQHe8l2w1qHssqwZz_iDpIkQtqbFhZFWzPCeXAfCnjJgiekEpcMWUz6hyphenhyphen-u8xTw_R0ATGljUeYumSTCwbGoSf1arxnZRq_3z6WA42J8M/s1600/otak+4.gif
Perempuan overweight yang menjalani diet rendah karbo selama seminggu (benar-benar tidak mengonsumsi Nasi) ternyata mendapatkan nilai yang lebih buruk dalam tes memori (seperti: mengapa tadi saya masuk ke ruangan ini?). Nilai mereka juga berkurang dalam visuospatial memory (tes mengingat lokasi dalam peta) daripada mereka yang mengikuti diet rendah kalori. Inilah merupakan petunjuk American Dietetic Association, yang terungkap dalam sebuah studi dari Tufts University.
6. Nasi membantu memecah lemak.
Sarapan dengan Nasi yang sifatnya tidak menaikkan gula darah dengan cepat, seperti oatmeal atau sereal bekatul, 3 jam sebelum latihan, akan membantu Anda membakar lemak lebih banyak, demikian menurut sebuah studi dari Journal of Nutrition. Kedua jenis makanan tersebut, seperti juga kentang dengan kulitnya, roti gandum, pasta dari gandum, atau kacang polong, tidak menyebabkan gula darah melonjak secepat bila Anda mengonsumsi roti tawar putih atau nasi putih. Sebaliknya, tingkat insulin tidak meningkat cepat, dan karena insulin berperan memberi tanda bahwa tubuh menyimpan lemak, memastikan tingkat insulin yang lebih rendah akan membantu Anda membakar lemak.
source : http://naruto-r.blogspot.com/2010/10/6-fakta-menarik-tentang-nasi-yang.html#a
http://www.duniaku.comxa.com/share.png
Cara membuat nasi menjadi enak
Ini adalah apa yang Anda butuhkan:

1 kotak nasi putih

2 buah wortel, potong dadu

2 batang seledri, potong dadu

1 bawang merah-potong dadu

2 tabelspoons minyak zaitun

garam dan merica untuk menambah rasa

kaldu ayam (digunakan sebagai pengganti air)

2 siung bawang putih cincang dihancurkan dan

1. Dalam panci, gerimis minyak zaitun. Ketika itu menjadi panas, tambahkan wortel, seledri dan bawang. Didihkan di api kecil sampai sayuran carmalize, sekitar 10-15 menit.

2. Tambahkan kaldu Anda.

3. Setelah kaldu mulai mendidih, tambahkan beras. Biarkan mendidih selama kira-kira 7 menit. Sekarang tambahkan bawang putih, sedikit garam dan merica. Tutup api dan penutup. Biarkan selama sekitar 15-20 menit. Sajikan dan nikmati.
(id: 8799/99en/459e72/406) (mod: 2009-09-24 13:44:26) (c: 10)



Cerita, "Nasi Bungkus"
oleh ARtikeL, reNungaN, kisaH mOtifasi pada 25 Maret 2010 jam 17:52
Di suatu sore hari pada saat aku pulang kantor dengan mengendarai sepeda motor, aku disuguhkan suatu drama kecil yang sangat menarik, seorang anak kecil berumur lebih kurang sepuluh tahun dengan sangat sigapnya menyalip disela-sela kepadatan kendaraan di sebuah lampu merah perempatan jalan di Jakarta .

Dengan membawa bungkusan yang cukup banyak diayunkannya sepeda berwarna biru muda, sambil membagikan bungkusan tersebut ,ia menyapa akrab setiap orang, dari tukang koran , penyapu jalan, tuna wisma sampai Pak Polisi.

Pemandangan ini membuatku tertarik, pikiran ku langsung melayang membayangkan apa yang diberikan si anak kecil tersebut dengan bungkusannya, apakah dia berjualan ? “Kalau dia berjualan apa mungkin seorang tuna wisma menjadi langganan tetapnya atau…??, untuk membunuh rasa penasaran ku, aku pun membuntuti si anak kecil tersebut sampai di sebrang jalan , setelah itu aku langsung menyapa anak tersebut untuk aku ajak berbincang-bincang.

”Dek, boleh kakak bertanya ?” tanyaku.

“Silahkan kak.” Jawab adik kecil.

“Kalau boleh tahu yang barusan Adik bagikan ketukang koran, tukang sapu, peminta-minta bahkan pak polisi, itu apa ?” tanyaku dengan heran.

“Oh… itu bungkusan nasi dan sedikit lauk kak… memang kenapa kak?” dengan sedikit heran , sambil ia balik bertanya.

”Oh... tidak! Kakak Cuma tertarik cara kamu membagikan bungkusan itu, kelihatan kamu sudah terbiasa dan cukup akrab dengan mereka. Apa kamu sudah lama kenal dengan mereka?”

Lalu ,Adik kecil ini mulai bercerita, “Dulu … aku dan ibuku sama seperti mereka hanya seorang tuna wisma, setiap hari bekerja hanya mengharapkan belaskasihan banyak orang, dan seperti kakak ketahui hidup di Jakarta begitu sulit, sampai kami sering tidak makan, waktu siang hari kami kepanasan dan waktu malam hari kami kedinginan ditambah lagi pada musim hujan kami sering kehujanan.”

“Apabila kami mengingat waktu dulu… kami sangat-sangat sedih , namun setelah ibuku membuka warung nasi, kehidupan keluarga kami mulai membaik. Maka dari itu ibu selalu mengingatkanku, bahwa masih banyak orang yang susah seperti kita dulu , jadi kalau saat ini kita diberi rejeki yang cukup , kenapa kita tidak dapat berbagi kepada mereka.”

”Yang ibu ku selalu katakan ‘hidup harus berarti buat banyak orang ‘, karena pada saat kita kembali kepada Sang Pencipta tidak ada yang kita bawa, hanya satu yang kita bawa yaitu Kasih kepada sesama serta Amal dan Perbuatan baik kita , kalau hari ini kita bisa mengamalkan sesuatu yang baik buat banyak orang , kenapa kita harus tunda.”


”Karena menurut ibuku umur manusia terlalu singkat , hari ini kita memiliki segalanya, namun satu jam kemudian atau besok kita dipanggil Sang Pencipta, apa yang kita bawa?”

Kata-kata adik kecil ini sangat menusuk hatiku, saat itu juga aku merasa menjadi orang yang tidak berguna, bahkan aku merasa tidak lebih dari seonggok sampah yang tidak ada gunanya,dibandingkan adik kecil ini.

Aku yang selama ini merasa menjadi orang hebat dengan pendidikan dan jabatan tinggi, namun untuk hal seperti ini, aku merasa lebih bodoh dari anak kecil ini, aku malu dan sangat malu. Ya.. Tuhan, Ampuni aku, ternyata kekayaan, kehebatan dan jabatan tidak mengantarku kepada Mu.

Hanya Kasih yang sempurna serta Iman dan Pengharapan kepada-Mu lah yang dapat mengiringiku masuk ke Surga. Terima kasih adik kecil, kamu adalah malaikat ku yang menyadarkan aku dari tidur nyenyakku.

....Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu.
Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong.
Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri.
Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain.
Ia tidak bersuka cita karena ketidakadilan, tetapi karena kebenaran.
Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu.
Kasih tidak berkesudahan...

Janganlah ragu , mulailah dari sekarang membiasakan diri berbagi dan memberi walaupun itu untuk perkara-perkara kecil ....
MALULAH kita kepada ALLAH , berapa besar rizki yang DIA berikan untuk kita dan BERAPA BANYAK yang kita berikan untuk NYA ....?


Semoga kisah ini dapat menjadi renungan yang bermanfaat bagi kita bersama


Beberapa cara mengolah nasi :

Nasi Tim Ayam jamur

Nasi Tim Ayam Jamur
Bahan untuk tumisan ayam: 2 sdm minyak goreng
1 sdm minyak wijen
6 siung bawang putih, cincang halus
350 gr fillet daging ayam, potong dadu
200 gr jamur kancing/jamur merang, potong-potong
6 sdm kecap manis
2 sdm kecap asin
1 sdt garam
½ sdt merica bubuk
Untuk nasi :
1250 ml kaldu ayam/air
1 sdt garam
500 gr beras putih pulen, cuci bersih tiriskan
2 sdm minyak goreng
Untuk kaldu :
1½ liter kaldu ayam
2 sdm tumisan bawang putih cincang
1 sdt garam
½ sdt merica bubuk
1 batang daun bawang, iris
Untuk pelengkap:
acar mentimun
sambal cabai botolan
Cara membuat:
1. Siapkan mangkuk untuk mengetim nasi, olesi dengan minyak goreng sisihkan.
2. Buat tumisan ayam : panaskan minyak goreng bersama dengan minyak wijen, tumis bawang putih hingga harum, masukkan daging ayam, masak hingga berubah warna. Lalu masukkan kecap manis, kecap asin, garam dan merica, masak hingga ayam matang. Masukkan jamur, masak sebentar hingga air habis, angkat. Bagi menjadi 5 – 6 bagian.
3. Buat nasi : didihkan air kaldu, masukkan beras, garam dan minyak goreng. Masak hingga menjadi nasi aron dan kering, angkat. Bagi menjadi 5 – 6 bagian.
4. Buat kuah : didihkan kaldu, masukkan tumisan bawang putih, garam dan merica. Setelah mendidih, taburi dengan irisan daun bawang, angkat.
5. Ambil satu mangkuk untuk mengetim nasi, masukkan tumisan ayam, lalu nasi dan padatkan. Kukus selama 30 menit hingga matang. Angkat.
6. Sajikah hangat dengan acar mentimun dan sambal cabai.

Nasi Ayam Jamur

Nasi Ayam Jamur
Bahan :
2 sdm minyak sayur
½ sdt minyak wijen
2 siung bawang putih, cincang halus
150 gr daging ayam tanpa tulang, potong dadu
4 buah jamur hioko kering, rendam air panas, iris memanjang
250 gr beras pulen, cuci bersih, tiriskan
2 sdm kecap asin
1 sdt garam
2 sdm kacang polong beku (jika suka)
500 ml air
bawang merah goreng (jika suka)
Cara membuat :1. Panaskan minyak sayur dan minyak wijen, tumis bawang putih hingga harum dan kuning. Masukkan daging ayam, aduk hingga daging kaku. Tambahkan jamur dan kacang polong, aduk rata. Masukkan beras, aduk hingga tercampur rata dengan ayam dan jamur. Angkat.
2. Masukkan beras yang telah dicampur tadi ke rice cooker, tambahkan kecap, merica dan garam. Tuangi air, masak hingga nasi matang. Aduk-aduk. Biarkan dalam penghangat.
3. Sajikan hangat-hangat. Jika suka, beri taburan bawang merah goreng.

Nasi Ayam Hainan

Nasi Ayam Hainan
Bahan nasi hainan:
3 sdm minyak goreng
1 sdm minyak wijen
5 siung bawang putih, cincang halus
1000 ml kaldu
1 sdt garam
500 gr beras putih, cuci bersih, tiriskan
Bahan ayam hainan :
3 sdm minyak goreng
1 sdm minyak wijen
2 siung bawang putih, memarkan
3 cm jahe, memarkan
1 sdt garam
½ sdt merica bubuk
1 ekor ayam, belah 2 bagian
1500 ml kaldu ayam
1 batang daun bawang, potong-potong
Bahan pelengkap :
Mentimun
Sambal botolan atau sambal rebus (3 cabai merah, 7 cabai rawit merah, 2 siung bawang putih, direbus, angkat lalu haluskan. Tambahkan 1 sdt garam dan 1 sdm jahe parut, aduk rata. Beri kecap asin dan minyak wijen secukupnya.)
Cara membuat:
1. Nasi hainan : panaskan minyak goreng bersama minyak wijen. Masukkan bawang putih, tumis hingga harum, masukkan kaldu, beri garam. Didihkan. Masukkan beras dan masak hingga nasi menjadi aron yang kering, angkat dan kukus selama 30 menit.
2. Ayam hainan : panaskan minyak goreng bersama minyak wijen, tumis bawang putih hingga harum. Masukkan ayam, air, jahe, garam, merica dan daun bawang. Masak hingga ayam lunak, angkat. Biarkan agak dingin. Poton-potong sesuai selera.
3. Saring air sisa rebusan untuk kuah.
4 . Sajikan nasi hainan dan potongan ayam hainan, lengapi dengan kuah, irisan mentimun, dan sambal.

Nasi Goreng Kunyit

Nasi Goreng Kunyit
Bahan :
1 sdm minyak utk menumis
2 siung bawang putih, cincang halus
1 sdm air kunyit
4 lembar daun jeruk
4-5 sdm kaldu
½ sdt garam
merica secukupnya
500 gr nasi bulir panjang/pera (sebaiknya nasi semalam)
1 iris jeruk nipis
Cara membuat :
1. Panaskan minyak diatas api sedang, tumis bawang putih sampai harum.
2. Masukkan air kunyit dan daun jeruk. Aduk. Masukkan kaldu, garam dan merica. Masak hingga air matang dan air tinggal separo.
3. Masukkan nasi, aduk hingga nasi rata kuningnya, perasi jeruk nipis. Setelah kering, angkat.
4. Sajikan panas dengan ayam goreng dan terik tempe.

Nasi Goreng Nonya

Nasi Goreng Nonya
Bahan :
2 sdm minyak goreng
2 siung bawang putih, memarkan, cincang halus
150 gr fillet dada ayam, potong dadu 1 cm
100 gr udang segar kupas berukuran kecil
100 gr cumi segar, potong-potong
2 butir telur, kocok lepas
500 gr nasi pulen yang berbutir
1 sdm kecap asin
¼ sdt garam halus
¼ sdt merica bubuk
¼ sdt minyak wijen
150 gr taoge segar, buang akarnya
1 batang daun bawang, iris halus
3 sdm teri asin (teri medan/teri nasi), goreng
Cara Membuat:
1. Panaskan minyak dalam wajan, tumis bawnag putih hingga harum dan agak kering. Masukkan ayam, udang dan cumi, aduk-aduk di atas api sedang hingga berubah warna. Sisihkan dipinggir wajan.
2. Besarkan api, tuangkan telur kocok ditengah-tengah wajan. Diamkan sesaat hingga telur agak kaku dan menggumpal lalu aduk-aduk hingga telur membentuk butiran-butiran besar. Aduk rata bersama ayam, udang dan cumi.
3. Masukkan nasi, kecilkan api, aduk-aduk hingga bahan tercampur rata dan nasi tidak ada yang menggumpal. Bubuhi bumbu, taoge dan daun bawang, aduk rata. Masukkan teri goreng, aduk rata sekali lagi. Jaga supaya taoge tidak terlalu layu. Angkat. Sajikan selagi panas.

Nasi Goreng Pete

Nasi Goreng Pete
Bahan :
250 gr nasi putih dingin
100 gr udang kupas
100 gr daging ayam, cincang kasar
12 buah mata pete, belah 2
3 sdm bumbu dasar cabai
2 buah telur ayam, masak orak-arik
1 sdm kecap asin
Cara membuat :
1. Tumis bumbu dasar cabai hingga harum, tambahkan dan daging ayam cincang. Aduk, hingga udang dan ayam berubah warna, kemudian masukkan potongan pete.
2. Masukkan telur orak-arik, aduk rata.
3. Masukkan nasi, aduk-aduk sebentar hingga nasi tercampur rata dengan bumbu dan bahan lainnya.
4. Tambahkan kecap asin, aduk rata. Masak hingga semua bahan matang. Sajikan panas.

Nasi Lemak

Nasi Lemak
Bahan Nasi Lemak :
400 gr beras
200 ml santan kental
300 ml santan encer
3 siung bawang putih, haluskan
3 cm jahe, memarkan
1 lembar daun pandan, sobek-sobek, ikat
2 sdt garam
Sambal Lemak :
10 buah cabai merah
10 buah cabai rawit merah
5 buah cabai merah kering, rendam air panas hingga lunak, tiriskan
3 - 4 siung bawang putih
8 -10 buah bawang merah
1 cm lengkuas
2 lembar daun pandan, iris halus
1 sdt gula pasir
garam secukupnya
4 sdm minyak untuk menumis
Pelengkap :
Ayam goreng
Ikan teri goreng
Telur rebus, goreng
Kacang Tanah
Mentimun/tomat
Cara Membuat:
1. Nasi Lemak : cuci bersih beras, tiriskan. Campur dengan santan encer, lalu masukkan bawang putih, jahe, garam dan daun pandan. Aduk rata. Masak hingga santan berkurang separuh, lalu masukkan santan kental, masak hingga setengah matang dan santan mengering. Angkat. Kukus nasi hingga matang.
2. Sambal Lemak : Haluskan semua bahan, lalu tumis dengan minyak panas hingga harum dan matang. Angkat.
3. Di atas piring saji, tata nasi lemak dengan ayam goreng, teri goreng, telur, kacang tanah goreng dan sambal.
4. Sajikan selagi nasi lemak panas.

1 komentar:

MyDrakor mengatakan...

Sudah tau kalau sekarang menonton film drama korea sangat mudah, cukup download aplikasi MYDRAKOR di GooglePlay gratis MYDRAKOR menghadirkan nuasa menonton film drama korea sangat mudah, MYDRAKOR banyak pilihan film drama korea terbaru.

https://play.google.com/store/apps/details?id=id.mydrakor.main

https://www.inflixer.com/

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates