Senin, 11 April 2011

Apakah keindahan itu?


Kata keindahan berasal dari kata indah, yang artinya bagus, permai, cantik, elok, molek, dan sebagainya. Benda yang mempunyai sifat indah adalah segala hasil seni, pemandangan alam, manusia, rumah, tanaman, perabot rumah tangga, suara, warna , dan masih banyak yang lainnya. Ruang lingkup keindahan bagi manusia sangat luas, seluas keanekaragaman manusia dan sesuai pula dengan perkembangan peradaban teknologi, social , dan budaya. Karena itu keindahan dapat dikatakan, bahwa keindahan merupakan bagian hidup manusia.



Keindahan identik dengan kebenaran. Keindahan adalah kebenaran dan kebenaran adalah keindahan. Keduanya mempunyai nilai yang sama yaitu abadi, dan mempunyai daya tarik yang selalu bertambah.keindahan juga bersifat universal, artinya tidak terikat oleh selera perorangan, waktu, tempat, selera mode, dan kedaerahan.
Sebenarnya sulit untuk menyatakan apakah keindahan itu,keindahan itu suatu konsep abstrak yang tidak dapat dinikmati karena tidak jeles. Keindahan itu baru jelas jika telah dihubungkan atau sesuatu yang berwujud atau suatu karya.

 Mengapa manusia menciptakan keindahan?

Keindahan itu pada dasarnya alamiah. Alam ciptaan tuhan. Ini berarti bahwa keindahan itu ciptaan Tuhan. Alamiah artinya wajar, tidak berlebihan dan tidak pula kurang.pengungkapan keindahan dalam karya seni didasari oleh motivasi tertentu dan dengan tujuan tertentu pula. Motivasi itu dapat berupa pengalaman atau kenyataan mengenai penderitaan hidup manusia, mengenai kemerosotan moral, mengenai perubahan nilai-nilai dalam masyarakat, mengenai kegungan Tuhan, dan masih banyak yang lainnya.
 Sumber : http://tomztravego1525.blogspot.com/2010/06/manusia-dan-keindahan.html

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates