Jumat, 21 Oktober 2011

softskill bulan oktober

  • Mendeskripsikan 3 jenis organisasi


Jenis Organisasi
Dalam suatu perusahaan terhadap organisasi formil dan biasanya terdapat pula hubungan atau sambungan yang informal, yangdisebut organisasi informal.Organisasi formil dalam suatu perusahaan dapat diketahui jelas, dan ditetapkan oleh pimpinannya secara tertulis. Penggarisandari pimpinan menentukan wewenang dan tanggung jawab masing-masing, yang menetapkan kepada siapa wajib lapor dan kepada siapadilakukan pengawasan serta bubungan yang satu dengan yang lain.Adanya organisasi informal dapat pula berpengaruh terhadaporganisasi formil. Kedua macam organisasi perlu diketahui oleh pimpinan perusahaan, karena seatu kelancaran suatu pekerjaan dapatkadang-kadang lebih mudah dilaksanakan melalui organisasi informal.
Jenis Organisasi Formil

Beberapa jenis organisasi formil yaitu :

1.Organisasi Lini
Susunan organisasi secara garis atau langsung inimerupakan sususnan yang tertua. Disebut pula organisasi militer sebab dalam kerangkanya, organisasi ini mengutamakan
disiplin
dan sifat esensinya adalah sistem militer.Susunan organisasi lini ini, garis-garis arah dan garis-garisinstruksinya adalah vertical.
2. Organisasi Fungsional
Dalam organisasi ini digunakan tenaga ahli untuk memimpin dan melayani para pelaksana. Pekerja disini bertanggung jawab kepada beberapa atasan.
Masing-masing pengawas mengawasi pekerja menurut keahliannya masing-masing. Kepemimpinan didasarkan atas keahlian secara kolektif. Di sini kerena tiap pemimpin keahlianya terbatas, maka masing-masing ahli berkuasa penuh atas keahliannya.
3. Organisasi Lini dan Staf 

Organisasi ini merupakan modifikasi dari organisasi lini danfungsional. Tenaga ahli disini tidak mempunyai wewenangmembimbing dan mengarahkan secara langsung, fungsi merekaterutama merupakan penasehat. Tenaga ahli ini tidakmempunyai peranan memberi pengarahan atau menggerakkan maupun dalammelaksanakan karena mereka tidak langsung berhubungan dengantenaga pelaksana.Organisasi seperti ini secara murni hanya dapat diterapkan pada perusahaan yang relative masih kecil. Pada perusahaan yanglebih besar orang-orang staf ahli dapat juga berhubungan langsungdengan pelaksana, meskipun sifatnya tetap sebagai saran bukansebagai perintah.sumber : http://www.scribd.com/doc/53605327/7/II-2-1-Jenis-Organisasi
  • Menjelaskan tujuan organisasi tersebut dan manfaat nya
1.Organisasi Lini
Dalam susunan garis tersebut di atas merupakan susunangaris murni, terdapat hanya satu garis pada tiap bawahan, danmerupakan bawahan sepenuhnya dari seorang boss atasnya, jadi merupakan one man one boss system. Artinya sebagai pimpinan iamenerima laporan dari orang yang berada dibawah pimpinannya,dan ia hanya melapor pada seorang saja yang merupakan atasannya. Maka itu setiap pejabat harus mempunyai sifatall round.
Manfaat organisasi tersebut ialah tiap pejabatdapat cepat bertindak dan tidak mungkin terjadi
back passing
2. Organisasi Fungsional
Keuntungan sistem ini adalah digunakan tenaga yang berpengatahuan dan khusus di dalam bidangnya, ia dapat memberi pimpinan dan petunjuk yang baik kepada para kepala pekerja (mandor).

3. Organisasi Lini dan Staf 
apapun bentuk ataupun dasar yang akan dipergunakan,hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Dasar yang bisa dipilih adalah lini, lini dan staf, maupunfungsional. Struktur organisasi yang sudah dibuat hekdaknya disetraidengan pembuatan deskripsi jabatan, yang berisi tugas kewajiban apayang harus dijalankan, wewenang apa yang dimiliki dan pertanggung jawab yang harus diberikan untuk masing-masing jabatan. Pembuatanini untuk mencegah kesimpangsiuran pelaksanaan tugas dan untuk menjamin keseimbangan antara tugas, wewenang dan pertanggung jawab tadi.

sumber : http://www.scribd.com/doc/53605327/7/II-2-1-Jenis-Organisasi
 
  • Struktur organisasi berdasarkan tipe dan bentuk nya

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates