Kamis, 04 Oktober 2012

Komputer Part II

Mengenal komputer melewati software dan hardware
Siapa sih yang nggak tahu atau kenal dengan komputer, hari gini nggak tahu komputer??? waduh….gimana ya tuh orang. he he he,,,just kidding. Komputer adalah merupakan alat yang hampir seluruh dunia memakainya, jadi komputer sudah merupakan barang yang sudah nggak aneh lagi di masa sekarang, apalagi hampir semua pekerjaan yang kita lakukan tidak lepas dari yang satu ini. Nah…seberapa jauhkah kita mengenal komputer itu sendiri??? orang banyak tahu komputer tapi nggak tahu apa sebenarnya komputer, kadang juga orang banyak tahu cara menjalankan/mengoperasikan komputer namun masih belum benar-benar tahu komputer itu, entah itu software (perangkat lunak) komputer atau hardware (perangkat keras) pada komputer dan masih banyak lagi yang lainnya. Ibarat manusia hardware ini seperti mata untuk melihat, telinga untuk mendengar sedangkan software bisa di ibaratkan seperti kepintaran atau pun pemikiran. Membicarakan masalah software dan hardware komputer, disini saya akan berikan sedikit pengertian tentang hal tersebut.


Software Komputer : adalah perangkat lunak atau biasa kita sebut aplikasi/sistem pada komputer, sehingga software tidak dapat di lihat dengan mata manusia. Software juga merupakan sebuah sistem yang terpasang pada komputer untuk memberi perintah pada komputer itu sendiri sebagai contoh Windows/linux yang berguna sebagai sistem untuk menjalankan/menghidupkan sebuah komputer atau seperti software tambahan pembuat kata (MS. Word dll), untuk mengedit photo (adobe photoshop, dll). Nah itu merupakan software komputer atau perangkat lunak yang terdapat dalam komputer. software ini terbagi menjadi beberapa jenis :
  1. Operating sistem – software yang merupakan sumber dari software lainnya yang dapat mengijinkan software lainnya untuk berjalan. Contoh dari software operating sistem ini adalah Window Vista, Mac OS X dan Linux
  2. Software Driver – Program in mengijinkan komputer untuk dapat berinteraksi dengan perangkat hardware tambahan seperti printer, scanner, dan video cards.
  3. MLM Software – software MLM ini dapat membantu dan mempermudah pebinsis mlm untuk mengatur, mengontrol dan memantau bisnis mlm. Contoh dari software ini adalah e – wallet dan strategic management report
  4. Software Pendidikan – berbeda dengan jenis program sebelumnya, software pendidikan ini dapat mengajarkan apapun dari komputer, melakukan aktifitas yang berhubungan seperti mengetik atau berbagai macam jenis pendidikan lainnya seperti kimia.
  5. Software Produktifitas – Jenis software ini mengijinkan pengguna untuk lebih produktif baik itu dalam menjalankan bisnis atau menjalankan aktifitas produktif lainnya. Contoh dari software ini adalah software pengolah huruf (Ms Words), Software pengatur database, software presentasi dan beberapa software lainnya.
  6. Software Games – Jenis software ini termasuk dalam kategori entertainment atau hiburan, software ini memiliki berbagai macam jenis. Jenis-jenis tersebut seperti MMOs (Massive Multiplayer Online games), first-person shooters, action games, roleplaying games, and game petualangan.
  7. Media player dan pengembangan software media lainnya Software yang dibuat untuk dapat memainkan atau mengedit media digital seperti file music atau video. etc
Trus kemudian Hardware komputer, apa itu hardware komputer atau biasa disebut sebagai perangkat keras komputer???
Hardware komputer adalah perangkat keras komputer atau komponen komputer yang bisa dilihat oleh kasat mata manusia, hardware ini juga di bagi menjadi beberapa macam menurut kegunaannya.
Macam-macam perangkat keras (hardware):
  1. CPU (Central Processing Unit)Merupakan alat yang berfungsi sebagai pemroses data.CPU berisi rangkaian sirkuit yangmenyimpan instruksi-instruksi pemrosesan dan penyimpanan data.
  2. Monitor Merupakan alat yang mampu menampilkan teks maupun gambar dari data yang sedangdiproses dalam CPU.
  3. Keyboard, Keyboard merupakan alat untuk memasukkan data maupun perintah ke CPU, biasanyaterdiri atas rangkaian huruf, angka, dan tombol fungsi lainnya.
  4. Mouse, Mouse merupakan alat bantu untuk memberikan perintah dalam memproses data ataumengedit data.
  5. Printer, Printer merupakan alat yang memproduksi keluaran data (output) berbentuk cetak, berupateks maupun gambar/grafik.
  6. CD ROM adalah Alat tambahan (alat peripheral) yang mampu menyimpan dan menuliskan data dan programmelalui media CD (Compact Disk).Alat ini didesain mampu menuliskan dan membaca dataatau program melalui sistem optik.
  7. Compact Disk (CD)Media penyimpanan yang terbuat dari bahan plastik. Proses penyimpanan dan pembacaandata menggunakan sistem optik.
  8. Floppy Disk, Floppy disk merupakan alat tambahan untuk menyimpan atau menuliskan ke dalam disketmaupun sebaliknya, ukuran yang umum digunakan adalah ukuran 3,5 inchi.
  9. Hardddisk Harddisk merupakan alat tambahan untuk menyimpan data dalam kapasitas besar yangdilapisi secara magnetis, saat ini perkembangan harddisk sangat cepat dari daya tampungdan kecepatan membaca data. Perlu kalian ketahui saat ini harddisk memang mutlak adadalam setiap computer atau laptop sebagai penyimpan sistem operasi yang permanen.
  10. Scanner, Scanner merupakan alat Bantu untuk memasukkan data berupa gambar atau grafik danmengubahnya ke dalam bentuk digital sehingga dapat diproses dan digabungkan dengan bentuk data yang berupa teks.


    sumber :
    http://samudacomputer.wordpress.com/2012/01/05/mengenal-komputer-melewati-software-dan-hardware/

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates