main |
sidebar
Diposting oleh
Wahyuni Nur Oktavia
di
02.19
Laporan
- Definisi Laporan
Laporan mempunyai peranan yang penting pada suatu organisasi karena
dalam suatu organisasi dimana hubungan antara atasan dan bawahan
merupakan bagian dari keberhasilan organisasi tersebut. Dengan adanya
hubungan antara perseorangan dalam suatu organisasi baik yang berupa
hubungan antara atasan dan bawahan, ataupun antara sesama karyawan yang
terjalin baik maka akan bisa mewujudkan suatu sistem delegation of
authority dan pertanggungjawaban akan terlaksana secara effektif dan
efisien dalam organisasi.
Pengertian laporan adalah bentuk penyajian fakta
tentang suatu keadaan atau suatu kegiatan, pada dasarnya fakta yang
disajikan itu berkenaan dengan tanggung jawab yang ditugaskan kepada si
pelapor. Fakta yang disajikan merupakan bahan atau keterangan
berdasarkan keadaan objektif yang dialami sendiri oleh si pelapor
(dilihat, didengar, atau dirasakan sendiri) ketika si pelapor melakukan
suatu kegiatan.
Dalam pembuatan suatu laporan formal, bahasa yang digunakan haruslah
bahasa yang baik, jelas dan teratur. Bahasa yang baik tidak berarti
bahwa laporan itu mempergunakan gaya bahasa yang penuh hiasan, melainkan
dari segi sintaksis bahasanya teratur, jelas memperlihatkan hubungan
yang baik antara satu kata dengan kata yang lain dan antara satu kalimat
dengan kalimat lain. Penggunaan kata ganti orang pertama dan kedua
harus dihindari, kecuali penggunaan kata ”kami” bila yang menyampaikan
laporan adalah suatu badan atau suatu tugas.
-
Macam-macam laporan :
- Laporan Program Kerja
- Laporan Ilmiah
- Laporan pertanggung jawaban
-
Persyaratan bagi pembuat laporan
Laporan pada dasarnya adalah alat komunikasi juga. Supaya dapat digunakan sebagai alat komunikasi yang efektif :
- Lengkap
Artinya data dan fakta yang ada dalam laporan harus lengkap
- Jelas
Sebuah laporan disebut jelas bila uraian dalam laporan tidak memberi
peluang ditafsirkan secara berbeda oleh pembaca yang berbeda. Ini dapat
dicapai bila bahasa yang digunakan benar dan komunikatif
- Benar / akurat
Data dan fakta yang salah dapat menuntun pembaca membuat suatu keputusan
yang salah. Jadi kebenaran dan keakuratan isi laporan sangat
diperlukan.
- Sistematis
Laporan harus diorganisasikan sedemikian rupa, dengan system pengkodean
yang teratur, sehingga mudah dibaca dan diikuti oleh pembaca. Laporan
yang sistematis juga menunjang unsur kejelasan yang sudah diciptakan
oleh unsur – unsur bahasa.
- Objektif
Penulis laporan tidak boleh memasukkan selera pribadi ke dalam
laporannya. Pelapor harus bersikap netral dan memakai ukuran umum dalam
minilai sesuatu.
- Tepat waktu
Ketepatan waktu mutlak diperlukan, karena keterlambatan laporan bisa mengakibatkan keterlambatan pengambilan keputusan.
Okeh selesai juga tugas ke-6 semester 6 ini, walaupun copy paste dari
blog orang tapi saya tidak lupa mencantumkan sumber nya. Saya harap yang
copy paste blog ini juga di beri sumber nya ya biar gak di bilang
plagiat :) trimakasi.
sumber : http://www.broken-nose.blogspot.com/2013/05/softskill-minggu-ke-7-bahasa-indonesia-2.html
0 komentar:
Posting Komentar