Kamis, 05 Januari 2012

Hujan Meteor

Menurut Tempo.co-Jakarta, Sebagai langganan awal tahun hujan Meteor Quadrantids akan menghibur mulai Rabu 4 Januari-7 Januari 2012. Hujan meteor yang juga dikenal dengan nama Quads ini mencapai puncaknya pada 5 Januari 2012 dini hari. Namun masyarakat tidak perlu risau akan efek dari hujan meteor ini.

"Meteor habis terkikis sebelum mencapai atmosfer Bumi," kata Kepala Himpunan Astronomi Amatir Jakarta (HAAJ), Muhammad Rayhan. Ia pun menjelaskan sebagian besar permukaan Bumi terdiri dari lautan, sehingga kalaupun ada meteor yang jatuh ke Bumi umumnya akan jatuh ke laut.

Berkaitan dengan kasus meteor yang pernah menimpa dua rumah di Duren Sawit, Jakarta, pada 2010, Rayhan menjelaskan bahwa kasus tersebut kemungkinannya kecil terjadi. "Untuk kasus seperti itu rasionya satu berbanding satu juta."


Meteor yang bisa lolos dari atmosfer Bumi adalah meteor dengan ukuran besar dengan material yang sangat kuat. Semakin besar ukurannya, semakin besar peluangnya untuk masuk ke permukaan Bumi. Namun potensi jatuhnya meteor dengan jenis tersebut hanya terjadi 10 hingga 20 tahun.

"Hujan meteor bukanlah suatu ancaman, justru kita harus menjadikannya sebagai sebuah hiburan," ujar Rayhan. Ia menambahkan bahwa dalam menyaksikan meteor dibutuhkan pengetahuan yang baik. Waktu dan tempat yang tepat untuk menyaksikan hujan meteor sangat menentukan untuk mendapatkan penampakan yang jelas.

Fenomena ini cukup disaksikan dengan mata telanjang. Namun Rayhan menambahkan bahwa intensitas cahaya bulan menjadi faktor penentu jelas atau tidaknya penampakan hujan meteor. "Jika cahaya bulan cukup terang, hujan meteor kurang jelas terlihat," ujarnya.

Hujan meteor Quadrantids adalah hujan meteor yang paling aktif di tahun ini. Pada puncaknya sebanyak 20 sampai 60 buah meteor jatuh setiap jamnya.

Nama Quadrantids diambil dari Muralis Quadrans yang berasal dari bahasa Latin. Awalnya diberikan untuk penamaan rasi bintang oleh astronom Prancis, Jerome Lalande, pada 1795. Nama Muralis Quadrans sebenarnya sudah tidak dipakai. Ilmuwan Amerika memendekkannya menjadi Quads dan digunakan untuk menamai hujan meteor.

sumber : http://www.tempo.co/read/news/2012/01/04/095375368/Hujan-Meteor-Quadrantids-Tidak-Berbahaya

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates